Tuesday, October 14, 2014

Macam Jajanan Tradisional Yang Hanya Ada Di Indonesia

Indonesia.... Sebagai negara yang banyak mempunyai beragam kultur dan budaya, terdapat juga makanan atau jajanan yang menjadi khas warga Indonesia. Dengan rasa yang beragam pula dan kreatifitas yang tiada batasnya, negara ini dapat menciptakan jajanan yang unik dan nikmat. Bahkan, di zaman serba modern ini terdapat jasa food delivery yang dapat memudahkan kita untuk mencari apa yang kita inginkan. Hebatnya lagi jajanan ini tidak punah di zaman sekarang ini.


Klepon adalah jajanan tradisional Indonesia yang termasuk dalam kelompok jajanan pasar. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi gula merah lalu di rebus dalam air mendidih. Setelah matang, klepon digelindingkan di atas parutan kelapa.


Onde-onde adalah jajanan pasar yang populer di Indonesia. Jajanan ini dapat ditemukan di pasar tradisional maupun di pedagang kaki lima. Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng yang permukaannya ditaburi oleh biji wijen. Yang paling populer onde-onde berisikan kacang hijau dan terdapat rasa keju juga.
Cenil adalah jajanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Jajanan ini dapat dibentuk bulat atau kotak dan diberi warna sesuai selera lalu direbus. Cenil disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir. Biasanya cenil dijual di taman saat weekend dan sekolah dasar.


Kolak adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Biasanya populer disaat bulan ramadhan karena menjadi ciri khas untuk berbuka puasa.


Kue Lapis adalah jajanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari 2 warna yang berlapis, ini yang memberikan nama dari kue ini. Kue lapis terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Pewarna yang digunakan untuk kue lapis ini terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Kue lapis biasanya terdapat di pasar maupun penjaja kue subuh.
Getuk adalah jajanan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Jajanan ini dapat ditemukan dengan mudah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk yaitu dari singkong yang dikupas lalu dikukus atau direbus, kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna sesuai selera. Setelah itu dapat dihidangkan dengan parutan kelapa.


Lemper adalah panganan yang terbuat dari ketan dan berisi abon atau cincangan daging ayam dan terbungkus daun pisang. Panganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut di waktu istirahat. Dapat ditemukan di pasar maupun catering yang melayani pemesanan kue ringan.
Arum Manis... Siapa yang tidak mengenal jajanan satu ini? Rasanya yang enak dan bikin nagih selalu menjadi incaran anak - anak di sekolah maupun anak muda dan orang dewasa yang ingin bernostalgia dengan jajanan masa kecilnya.

Itulah beberapa jajanan Indonesia yang sampai sekarang masih ada dan selalu membuat bernostalgia. Simak terus ulasan tentang ragam budaya Indonesia unik lainnya :)

No comments:

Post a Comment